Pap Smear

Apakah Pap Smear?

Tes Pap Smear adalah tes skrining yang digunakan untuk mendeteksi potensi proses pra-kanker dan kanker pada saluran endoserviks (transformasi zona) dari sistem reproduksi wanita, bertujuan untuk mencegah perkembangan kanker serviks.

Bagaimana Prosesnya?

Dalam mengambil Pap smear, spekulum digunakan untuk membuka saluran vagina dan memungkinkan pengumpulan sel-sel dari pembukaan luar leher rahim rahim dan endoserviks. Sel-sel diperiksa di bawah mikroskop untuk mencari kelainan. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi perubahan pra-kanker berpotensi (disebut neoplasia intraepithelial servikal (CIN) atau displasia serviks), yang biasanya disebabkan oleh human papilloma virus yang menular melalui hubungan seksual. Tes tetap merupakan metode yang efektif secara luas digunakan untuk deteksi dini kanker pra-kanker dan leher rahim. Tes ini juga dapat mendeteksi infeksi dan kelainan pada endoserviks dan endometrium.

Siapa saja yang sebaiknya melakukan test Pap Smear?

Perempuan yang pernah melakukan hubungan seks sebaiknya melakukan tes Pap smear secara teratur. Dengan frekuensi bervariasi setiap enam bulan. Jika kelainan memerlukan pengawasan yang lebih intensif, pasien dapat dirujuk untuk pemeriksaan rinci dari leher rahim dengan kolposkopi. Pasien juga dapat dirujuk untuk tes DNA HPV, yang dapat berfungsi sebagai tambahan untuk tes Pap.

Lokasi

Jl. Gajah Mada No. 174 Ruko A-3 Jakarta (Apartemen Gajah Mada Mediterania)
Telp (021) 63875241, 63875242,
Mobile 085772229188