Colposcopy

Apakah Colposcopy?
Colposcopy adalah suatu pemeriksaan leher rahim (leher rahim) menggunakan mikroskop dirancang khusus (colposcope). Hal ini memungkinkan dokter untuk melihat perubahan sel pada leher rahim.

Kapan Colposcopy diperlukan?
Colposcopy biasanya dilakukan ketika sel-sel yang abnormal telah ditemukan selama tes Pap Smear. Hal ini biasanya berarti bahwa perubahan kecil ada di sel-sel pada leher rahim dan dalam banyak kasus perubahan kecil ini kembali normal sendiri. Kadang-kadang perubahan menjadi lebih buruk dan mungkin bisa menyebabkan kanker di masa depan.

Colposcopy dapat dianjurkan jika Anda memiliki:

  •     Sebuah diidentifikasi kelainan pada serviks
  •     Pendarahan setelah hubungan seksual
  •     Pendarahan antara periode
  •     Persistent keputihan
  •     Jika Anda seorang pasien transplantasi atau memiliki HPV (Human Papillomavirus)

Bagaimana Colposcopy dilakukan?
Colposcopy adalah mirip dengan tes Pap Smear, spekulum dimasukkan ke dalam vagina sehingga pembukaan leher rahim dapat dilihat, dan kemudian dilihat menggunakan colposcope (ini tidak dimasukkan ke dalam tubuh).

Jika ada sel abnormal terdeteksi sampel jaringan kecil akan diambil dari leher rahim (biopsi), dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Jika sel-sel abnormal melangkah lebih jauh ke dalam serviks biopsi kerucut mungkin diperlukan (ini adalah di mana sampel jaringan yang lebih besar berbentuk kerucut diambil).

Disarankan bahwa Colposcopy tidak dilakukan ketika Anda sedang datang bulan, karena hal ini dapat membuat leher rahim sulit untuk terlihat.
Colposcopy akan menunjukkan apakah diperlukan tindakan lebih lanjut atau tidak. Jika pengobatan diperlukan ini biasanya dilakukan di bawah anestesi lokal dengan biopsi diagnostik yang diambil pada waktu yang sama.

Lokasi

Jl. Gajah Mada No. 174 Ruko A-3 Jakarta (Apartemen Gajah Mada Mediterania)
Telp (021) 63875241, 63875242,
Mobile 085772229188